Wednesday 28 August 2013

Jurnal Mimpi: Dikejar Musuh, Masjid Jami, dan Aksi ala Assassin's Creed

Kemarin saya mimpi:

Dikejar-kejar oleh segerombolan orang berpakaian militer. Saya sembunyi di sebuah rumah, di rumah itu saya berpura-pura sebagai penghuninya, bergaul dengan keluarga di situ. Menunggu saat yang tepat untuk kabur, saya melihat keadaan di luar, tampak orang2 di luar pada mencari saya. Hari menjelang sore, saya memanjat tembok rumah dan meloncati rumah-rumah lain secara diam-diam, ala Assassin's Creed gitu deh. Lalu saya berhenti, dan melihat ada dua masjid yang besar, satu berwarna coklat, dan tak jauh dari situ ada masjid berwarna biru, style kedua masjid itu sama persis, dengan menara yang tinggi menjulang. Namun saya merasa saat itu belum tepat untuk pergi, akhirnya saya kembali ke rumah itu.

Sambil harap-harap cemas, saya mengecek batere smartphon yang semakin menipis, masih dalam mimpi loh ini. Hari sudah malam, saat saya menuju kamar untuk istirahat, saya melihat ke luar dari jendela, ada orang yang sedang merangkak menuju ke rumah, saya curiga itu mata-mata musuh, saya pun langsung masuk kamar, berusaha sembunyi di balik selimut, namun apa daya, dia sudah keburu mengintip ke dalam jendela kamar, dan saya pun ketahuan. Akhirnya setelah saya tidak ada pilihan lagi, saya pun buru-buru pamit kepada keluarga itu, mengambil perlengkapan, dan segera memanjat ke luar tembok.

Hikmahnya apa ya dari mimpi ini? terus terang mimpi ini sangat membuat lelah secara fisik. Saat bangun entah kenapa badan terasa lelah sebagaimana dalam mimpi. Btw, mimpi ini terjadi saat saya tidur siang, dan lupa berwudhu dulu, lupa juga berdoa dgn serius. Lain kali harus hati-hati juga nih kalau mau tidur siang. Namun begitu, berdasarkan bukunya Ibnu Sirin tentang tafsir mimpi, masjid jami ditakwilkan dengan seseorang yang mengajak kepada agama Allah. Hmm.. siapa ya orang yang dimaksud? ada dua berarti karena masjidnya pun dua. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment