Sunday 10 August 2014

Jurnal Mimpi: Menyelam dalam Air, Bayi, dan Teman-teman Lama

Alhamdulillaah, pagi ini masih bisa bangun dalam keadaan utuh. Jadi semalam mimpi yang datang cukup jelas. Hanya seperti biasa, ada beberapa bagian yang lolos dari ingatan. Intinya adalah menyelam dan bertemu teman-teman lama.

Saya berada di depan satu kolam renang, agak keruh kehijauan jadi dasarnya kurang nampak. Entah apa yang membuat saya terjun ke sana saat itu. Yang pasti saat saya menyelam saya lihat ada gulungan semacam bayi yang dibalut seperti kepompong, entah lah apa itu istilahnya melayang-layang dalam air dekat tepian kolam. Saya ambillah itu benda, lalu saya gendong itu bayi, entahlah. Lalu seperti ada rasa enggan untuk kembali ke permukaan, curiganya saat itu ada orang lain atau penjaga yang datang sehingga saya berusaha sembunyi dalam air. Saat itu saya merasa tidak yakin kuat menahan nafas, tapi ternyata Alhamdulillah jadi kuat seterusnya. Setelah kekhawatiran itu berakhir, saya mulai menjelajah area dalam kolam. Ternyata ada semacam lubang besar di dasar kolam semacam "sink hole" yang entah menuju ke mana, tapi yang saya lihat ia buntu dan agak hancur. Saya pun enggan masuk ke sana. Lalu saya menjelajah lagi, dan saya temukan cermin besar di dasar kolam, saya pun dapat melihat diri sendiri saat itu sedang menyelam. Setelah itu saya lupa apakah menemukan jalan rahasia lagi atau tidak. Tiba-tiba saya sudah berada di adegan lain.


Kalau tidak salah ada mobil yang menuju ke satu bangunan.. restoran (?). Lalu saya masuk ke situ. Di sana saya ketemu banyak teman di satu meja panjang, sepertinya sedang ada semacam reunian.Saya lihat ada teman wanita yang dulu saya kenal pakai kerudung, tapi sekarang dia tak pakai lagi. Agak tercengang saya, lalu saya coba berdialog dengan dia menanyakan alasannya sambil basa-basi. Saya lupa persisnya bagaimana dialognya, yang pasti dialog diakhiri dengan senyum-senyum saja. Entahlah.

Kalau berdasarkan buku Tafsir Mimpi karya Ibnu Sirrin, menggendong bayi itu berarti akan mengurus sebuah kerajaan. Wah, mungkin semakna dengan mendapat amanah yang besar. Soalnya saya kan bukan orang kerajaan/pemerintahan. Atau.. mungkin akan datang proyek baru yang berhubungan dengan pemerintahan. Kayaknya ini lebih mungkin. Sedangkan tenggelam dalam air (sebetulnya lebih tepat menyelam, tapi karena di buku Tafsirnya tidak ditemukan, maka cari yang semakna saja) berarti mendapat kesulitan yang hebat. Namun disebutkan juga bahwa kalau di dalam air ia tenang berarti dia dapat menjalani kesulitan itu dengan tenang. Sedangkan teman-teman lama.. mungkin karena kurang silaturahim jadi semacam diingatkan lagi.

Demikian ulasan mimpi kali ini, dan segalanya tetap Allah jua yang Maha Tahu. Tafsir ini bukan digunakan sebagai landasan syar'i dalam bertindak. Hanya sekedar mengobati rasa penasaran saja apa kira-kira maknanya. Semoga kita selalu diberikan rasa ridho terhadap segala takdir-Nya. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment